Perkembangan Kota Banda Aceh Struktur dan Pola Tata Ruang

PENDAHULUAN
Kota Banda Aceh adalah salah satu kota sekaligus ibu kota provinsi Aceh, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat segala kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah pesisir yang mengalami dampak paling parah akibat bencana gempa 9,1 skala richter yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004, berpusat di dasar Samudra Hindia, sebelah barat laut pulau Sumatera, Indonesia. Gempa tersebut menimbulkan tsunami besar bukan hanya menelan lebih dari 75% korban jiwa, tapi juga meratakan hamper seluruh bangunan yang ada di wilayah ini.tidak hanya berdampak pada kerusakan fisik, bencana ini juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat kota banda aceh. Paska bencana Tsunami, berbagai pihak baik itu lembaga-lembaga internasional, local, maupun pemerintah bersama-sama berupaya untuk memberikan bantuan dan membangun kembali daerah-daerah yang terimbar oleh bencana.
Seiring dengan berjalannya masa rehabilitasi dan rekonstruksi yang berlangsung menjadikan suasana kota menjadi semakin pesat kemajuannya. Hal ini menuntut adanya sarana dan prasarana yang memadai.

RUMUSAN MASALAH
Dari fenomena yang ada, pada setiap kota yang sedang berkembang dalam melaksanakan pembangunan, maka akan terjadinya kondisi sebagai berikut: 
  1.  Tingkat pertumbuhan pertumbuhan penduduk yang tinggi.
  2. Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi
  3.  Perubahan aktivitas (pola tata guna lahan) yang sangat cepat dan dinamis
  4. Kecenderungan sub urbanisasi dan makin berkembangnya kota secara geografis.
  5. Tingkat pertumbuhan motorisasi atau kepemilikan kendaran yang tinggi.
  6.  penataan kawasan berbasis mitigasi tsunami, sebagai langkah penyelamtan dari bencana.



GAMBARAN UMUM LOKASI KOTA BANDA ACEH

Kota Banda Aceh terletak antara 050 16’ 15”-050 36’ 16” Lintang Utara dan 950 16’ 15” - 950 22’ 35” Bujur Timur dengan ketinggian rata-rata diatas permukaan air laut 0,80 meter. Kota Banda Aceh terdiri dari 9 kecamatan, 70 desa dan 20 kelurahan dengan luas 61,36 Km2. Kecamatan yang ada di Kota Banda Aceh adalah Kecamatan Meuraxsa, Jaya Baru, Banda Raya, Baiturrahman, Lueng Bata, Kuta Alam, Kuta Raja, Syiah Kuala dan Ulee Kareng. Batas-batas wilayah Kota Banda Aceh sebelah utara adalah Selat Malaka, sebelah selatan dan timur berbatasan dengan Kabupaten Aceh Besar dan sebelah barat berbatasan dengan Samudera Indonesia.

PETA ADMINISTRASI KOTA BANDA ACEH



Pola Ruang Kota Banda Aceh Sebelum Tsunami
Identifikasi struktur dan pola ruang kota banda aceh sebelum tsunami, kota banda aceh pada awalnya memiliki struktur ruang dengan tipe konsentris, struktur ruang yang konsentris ini terlihat dari pemusatan kegiatan dengan konsentrasi kepadatan di pusat kota, dimana kegiatan tersebut memanjang hamper linear mengikuti pola jaringan jalan utama dan relative radial dengan Masjid Raya Baiturahman dan sekitarnya sebagai pusat utama didukung pula oleh beberapa sub pusat pelayanan lainnya seperti Neusu dan Kuta Alam. Pola jaringan yang terbentuk di kota banda aceh secara umum adalah jenir radial dan grid. Kawasan BWK pusat kota merupakan kawasan dengan jumlah penduduk tertinggi. Struktur dan pola tata ruang sebelum tsunami yang lalu dapat dikatakan rentan karena tidak menambahkan unsur mitigasi dan perlindungan apa bila sewaktu-waktu terjadi bahaya. Selain itu struktur ruang yang konsentris dengan kepadatan pembangunan di pusat kota dan kawasan yang relative dekat denagan pantai menyebabkan memiliki resiko yang tinggi apabila bahaya terjadi.
Karna mempertimbangkang akan perlindungan apa bila sewaktu-waktu terjadi bahaya seperti lampulo sbagai pusat perikanan maka pasca tsunami di turunkan statusnya menjadi kawasan biasa dan tidak di rekomendasikan untuk mendirikan bangunan
            meski didaerah lampulo, ulee lheuu dan skitarnya merupakan kawasan rawan bencana dan tidak di rekomendasi untuk kegiatan bangunan namun masih ada sejumlah masyarakat yang mendirikan bangunan di daerah tersebut. Sebagai langkah penyelamatan diri apabila bencana ini terjadi pemerintah menyiapkan pola struktur ruang dengan memberikan dua pilihan bagi masyarakat
  1.  pindah ke lokasi aman bagi masyarakat yang ingin pindah
  2. tetap di lokasisemula namun lokasi tersebut sudah dilengkapi sarana dan prasarana perlindungan




Peta Pembagian Zona Fisik Kota Banda Aceh


Pola Ruang Kota Banda Aceh Saat Ini
Identifikasi struktur dan pola ruang kota banda aceh sebelum tsunami, kota banda aceh pada awalnya memiliki struktur ruang dengan tipe konsentris, struktur ruang yang konsentris ini terlihat dari pemusatan kegiatan dengan konsentrasi kepadatan di pusat kota. Pasca tsunami, struktur ruang kota banda aceh di kembangkan menjadi multiple nuclei. Hal ini melatar belakangi perkembangan kota banda aceh yang berada di kawasan pesisir, stelah tsunami juga terjadi pegeseran struktur ruang dimana perkembangan kotanya menjadi ke wilayah selatan kota yakni menjauh dari lokasi tang terdampak tsunami.





peta penggunaan lahan kota banda aceh pasca tsunami








peta bentuk struktur ruang kota banda aceh







Rencana tata ruang wilayah kota banda aceh juga mengalai pergesaran dapat dilihat adanya penyebaran pasar kota utama penempatan titiknya diatur sesuai dengan pertumbuhan dan kebutuhan yang tinggi akan titik capai terhadap suatu pasar yang di damping oleh pasar-pasar yang ada di lingkungan terdekat

Kesimpulan

Awalnya struktur pola ruang kota banda aceh yang konsentris kemudian berubah menjadi pola Multiple-Nuklei, hal ini sebagai pananggulangan / meminimalkan resiko bencana tsunami, kondisi kawasan pesisir yang intensif terhadap tsunami.



Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
Shafarzawahyu
AUTHOR
December 19, 2013 at 5:37 PM delete

bang kalo peta RTRW aceh utara ada gak,?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 23, 2013 at 11:49 PM delete

itu kurang tau juga... kita cari sama-sama aja...

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
April 22, 2016 at 1:47 PM delete

bang boleh minta file petanya dalam format shp atau pdf gak? terima kasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
May 31, 2016 at 8:05 PM delete

maaf bang saya cuma ada format jpg

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
November 9, 2016 at 1:16 AM delete

salam kenal bg, sy herman mhs PWK ITS, Petanya bagus.
mungkin bisa kita diskusi melalui line atau bbm?
line : hrn3110
bbm : D00B9E18
tks

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 30, 2016 at 9:03 PM delete

terimakasih telah berkunjung Herman Taubit, salam kenal kembali

Reply
avatar